Cara Meningkatkan Keefektifitasan Dalam Belajar

Untuk era modern ini banyak dari kita ingin menigkatkan suatu pembelajaran dengan baik dan mudah untuk dipahami dengan ini semuanya bisa menyerap pelajaran dengan baik sehingga banyak dari kita untuk mengoptimalkan itu semua dan alhasil banyak dari anak zaman sekarang yang ingin mudah sekali untuk belajar dan simple dalam mengambil pelajaran.

cara meningkatkan keefektifitasan dalam belajar (www.oxfordlearning.com)
Kali ini kita akan bahas bagaimana cara agar meningkatkan eefektifitasan dalam belajar:


1. Usahakan fikiran mu dalam kedaan relaks dan tenang

hal ini dapat melancarkan otak syaraf sehingga banyak yang tidak terbebani saat belajar, banyak dari murid yang memikirkan banyak masalah disekolahnya sehingga mereka tidak berkonsentrasi saat belajar dikelas maupun di tempat untuk belajar atau pun dirumah kalian. Jadi usahakan lah kalian dalam keadaan tenang dan relaks sehingga tidak terbebani saat belajar dan kalian akan mudah memahami peakaran dengan baik karena otak kalian itu harus fokus jangan terbebani dengan suatu masalah apapun, karena itu dapat mengakibatkan otak tidak bisa fokus dan menjadi terbebani karena persoalan kalian sendiri akhirnya otak tidak bisa beristirahat dengan tenang. Jadi fokus kan lah pikiran kalian dengan jangan beraktifitas erlalu banyak dan jangan terlalu memaksakan diri dengan kehendak aktivitas kita karena itu membuat otak kita semakin lelah dan tidak bisa menerima pelajaran dengan baik. Istirahan dan relaks kan otak mu dengan permainan atau dengan tidur yang cukup atau dengan mendengarkan musik dan lain sebagainnya.

2. Belajarlah dengan secara bertahap (continous studying)

lelah tidak akan memberi mu hasil yang maksimal (http://noticias.universia.es)
Jangan belajar terlalu terburu-buru atau menggunakan kebut semalam atau pu menggunakan kebut yang lainnya, itu akan membuat otak kita kelelahan langsung yang ada kita bukan menyerap pelajaran dengan baik malahan otak kita justru akan mengalami tekanan yang berat. Maka dari itu cobalah kita melakkan yang namannya belajar bertahap yaitu kita mencicil saat belajar, jangan terlalu cepat untuk bisa memahami semua karena itu akan membuat otak kita terlalu lelah dan mudah mengalami lupa sehingga kita tidak akan mengalami apa-apa dari usaha tersebut. Jadi bertahap lah dalam belajar jangan langsung mau bisa untuk memahami itu semua, semua didunia ini tidak ada yang instan isi pulsa aja gak langsung keterima harus butuh proses dlu indomie aja yang katanya instan harus direbus dlu baru bisa dimakan. Cobalah pahami dlu pelajaran yang anda suka ataupun pelajaran yang mudah dlu supaya lebih muda diingat juga, bacalah dan pahamilah dlu untuk haru ini satu lembar atau satu BAB nah apabila anda sudah paham dan mengerti kemudian besoknya atau seminggu kemudian lanjutlah kehalaman selanjutnya dan seterusnya jangan terlalu dipaksakan ya kawan.

3. Tuangkanlah/terapkanlah apa yang ada dipikiranmu pada saat diajarkan guru atau kamu bisa merangkum isi pelajaran sesuai apa yang ada dipikiranmu.

Cara ini dilakukan pada saat kalian kuliah nanti, dalam pembelajaran seperti ini otak merespon dan akan mengalami kesensitive untuk berfikir sehingga otakmu ini tidak diistirahatkan berfikir begitu saja, otak akan merangsang untuk berfikir kritis dalam keadaan atau situasi tertentu hal ini dapat membuat kalian lebih cepat merespond dan berfikir cepat dalam situasi yang genting sehingga kalian tidak panik atau tidak kebinggungan saat dipaksa untuk berfikir cepat. Cara ini dapat memudahkan kalian untuk menerima dan memahami pelajaran dengan baik karena otak kalian yang berkerja bukan mulut yang berkerja. Cara seperti ini jga tidak dapat mengalami yang namanya pikun dini jadi kalian jga akan bisa untuk mandiri dalam berfikir. Jadi coba terapkan lah cara ini di sekolah atau pun dimana saja.
relaxs dan tenang (www.theodysseyonline.com)













Post a Comment

3 Comments