Manfaatkanlah Ilmumu dengan Baik dan Bermanfaat


Ilmu adalah hal terpenting bagi manusia dan ilmu juga menjadi tolak ukur untuk menunjukan siapa dirinya yang terbaik, dengan ilmu pun manusia juga punya jati diri dan dapat menaikkan derajatnya menjadi lebih tinggi dan lebih baik daripada manusia yang lainnya. Ilmu bagi manusia juga sangatlah baik dan bermanfaat pasalnya ilmu juga bisa digunakan dalam kehidupan dan menojang peradaban manusia menjadi lebih baik lagi dari sebelum-sebelumnya.

      Ilmu juga dapat menggubah peradaban manusia menjadi lebih baik dan effisien. Banyak ilmuwan-ilmuwan dunia yang menggubah dunia dengan caranya sendiri juga dengan ilmu yang mereka dapatkan setiap harinya. Mereka-merekalah yang menggubah dunia menjadi lebih baik dan mudah. Contohnya ada Thomas Alva Edison yang menciptakan lampu dari pemikiran dan ide-ide cemerlangnya juga ilmu yang dia dapatkan, dan ada Alxander Graham Bell yang menciptakan telefon untuk dapat berkomunikasi dengan mudah walaupun terbentang jarak antara kita (cieelah kaya reff lagu).

      Sesungguhnya manusia terbaik itu adalah manusia yang berilmu lagi baik akhlaqnya dan juga bisa memanfaatkan ilmunya di kehidupan. Tapi kalian gak usah ragu bahwa ilmu gak Cuma ada di sekolah tapi juga di kehidupan sekitar kalian bisa rasakan setiap harinya dengan kalian tahu dan berpikir, kalian akan bisa menyerap ilmu itu menjadi pelajaran pengangan kalian untuk kehidupan yang lebih baik.

      Tapi ilmu itu tidak cma didapatkan dari sekolah dan tidak di buktikan dari ijazah saja tapi kalian juga bisa menunjukan bakat atau ilmu yang kalian dapatkan di luar sekolah kalian. Sehingga itu lah yang dapat menjadikan peganggan untuk kehidupan maupun untuk masuk di dunia kerja sekalipun. Coba kalian manfaatkan keadaan alam sekitar dan manfaatkan bakat yang anda kuasai sendiri tanpa dari sekolah langsung. Dan ilmu yang bermanfaat itu lebih baik daripada kita menguasai ilmu banak tapi kita tikda mengajarkan dan mengamalkannya.

      Amalkanlah ilmu yang kalian punya yaitu dengan cara melakukannya dan menjadikanya pedoman hidup serta tuntunan kejalan yang benar, karena banyak dari orang-orang yang berilmu dan pintar tapi dia tidak mengamalkan ilmunya sendiri bahkan lebih buruk dari masyarakat lainnya. Jagan sampai kita seperti itu, kita amalkan ilmu kita dari kita sendiri dan untuk pedoman kita kedepan. Ilmu yang diamalkan tidak akan lupa dan selalu diingat jadi jika ilmu kalian ingin di ingat cobalah untuk diamalkan dikehidupan kalian supaya tidak cepat lupa dan akan selalu diingat.

      Ilmu tidak perlu puas jika anda amalkan saja, anda juga perlu untuk mengajarkannya sehingga kalian juga dapat manfaat dari penggajaran tersebut. Sehingga orang yang kalian ajarkan bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya. Kalian juga bisa mendapat kebaikan dan mendapat manfaat dari orang yang anda ajarkan, anda juga mendapatkan pahala yang tiada hentinya jika ilmu yang anda ajarkan kepada orang lain itu di lakukan dan di kerjakan dengan baik asalkan anda mengajarkan ilmu itu ilmu yang baik bukan ilmu yang jahat dan malah menjerumuskan untuk berbuat dosa. Semisal anda mengajarkan anak untuk membaca surah al-fatihah dan anak itu bisa dan dia pakai untuk shalat setiap harinya anda akan mendapat pahala yang tiada hentinya jika anak tersebut masih melafalkan surah al-fatihah dari yang anda ajarkan. Betapa enaknya menjadi orang berilmu dan bermanfaat.

      Jadi untuk kalian coba tidak sia-sia kan ilmu kalian untuk kalian sendiri, berbagilah untuk orang lain dan mengamalkannya sehingga jasa kalian tidak pernah terlupakan dari orang yang anda ajarkan setiap harinya. Cobalah untuk berbagi dan berbuat baik jadi kalian dapat menjadi manusia yang bermanfaat
“sesungguhnya manusia terbaik adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya“ (HR. Bukhari dan Muslim)


Post a Comment

0 Comments