Sudah Waktunya Kita Lakukan Pola Hidup Sehat


      Di zaman sekarang ini kita sering sekali jarang melakukan aktivitas aktivitas yang kurang bermanfaat dan bahkan beresiko untuk menjadi masalah dan penyakit. Sering kali kita jarang melakukan olahraga, pola makan yang tidak teratur, dan malas untuk melakukan suatu hal ataupun karena itu kita terlalu sibuk untuk bekerja, terlalu sering bermain game/gadget (smartphone). Ada baiknya hal itu patut untuk dikurangi karena bisa beresiko yang cukup banyak menimbulkan racun atau bahkan penyakit dalam hidup kita karena hal-hal yang sering kali kita lakukan tadi. Kita bisa dapat melakukan banyak hal-hal yang lebih bermanfaat dan mengatur pola hidup kita menjadi lebih baik dan lebih sehat. Nah kita disini mencoba untuk memberikan solusi dan tambahan agar kita terhindar dari aktivitas-aktivitas yang kurang baik.
      Mengatur pola hidup itu memang tidak mudah karena kita sudah terbiasa bahkan ketergantungan menjalani aktivitas-aktivitas kurang baik tersebut, mungkin ada yang turut terbingung dan cukup sulit untuk mengubahnya tapi kita harus yakin kita bisa untuk mengurangi aktivitas-aktivitas tersebut dengan niat kuat kita dan usaha-usaha yang kita lakukan ditambah dengan berdo’a.


1. Yakin kan diri kita, dan Niat serius untuk melakukannya


      Kadang kita terlalu pesimis bahkan ada yang tidak mau berubah hanya karena kurangnya niat dan yakin dari diri kita sendiri, (contohnya; kita mau untuk diet dan mengurangi berat badan karena terlalu berlebihan tapi niat itu Cuma untuk di ucap saja tidak adanya keyakinan serius untuk dapat kita bisa lakukan, di pagi hari kita mencoba olahraga dan tidak mengkonsumsi makanan yang berlemak lebih dan gula yang berlebih tapi di sore harinya kita makan banyak dan berlebih bahkan tidak melihat apa kandungan yang kita makan tadi sehingga berat badan bukannya turun malah akan bertambah. Nah ini lah penyebab mungkin kita tidak yakin akan diri kita dan terlalu tergoda dalam suatu keadaan). Ataupun banyak dari kita yang tidak percaya diri bahkan minder untuk melakukannya ada orang yang beranggapan bahwa kita terlalu gemuk dan mungkin sulit untuk mengubah badan itu menjadi langsing lagi tapi banyak orang lain juga bisa atau bahkan sudah terbukti mereka dapat melakukannya dari niat dan yakin akan diri kita jangan terpancing atau terhasut oleh omongan orang karena diri kita lah yang dapat mengubah itu semua.

2. Memanajemen Waktu Dengan Baik

      Waktu ini lah mungkin persoalan dari banyaknya kita sulit mengatur pola hidup sehat kita. Karena terlalu sibuk atau bahkan tidak ada waktu luang untuk kita melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk tubuh kita, atau bahkan terlalu sibuk bekerja di kantor ataupun ada yang terlalu sibuk dengan gadgetnya. Kadang sehari kita tidak bisa memanfaat kan waktu dengan baik untuk bagi pekerja ataupun anak-anak remaja yang masih duduk di bangku sekolah atau pun yang sudah masuk universitas, (contohnya; di pagi hari kita bekerja atau bersekolah, sore kita sudah pulang atau ada yang masih berkerja, malamnya kita terlalu capek dan tidur).
      Ada baiknya kita bisa meluangkan waktu di pagi hari atau di sore hari untuk berolahraga sejenak, supaya badan kita tidak kaku dan lemas karena terlalu sibuk bekerja dan bersekolah, ataupun kita bisa membuat schedule/jadwal untuk bisa kita jadikan acuan waktu kita. Dari waktu yang kita jadwalkan tersebut kita bisa meluangkan waktu kita untuk berolahraga ataupun melakukan aktivitas-aktivitas yang baik untuk tubuh kita karena terlalu sibuk bekerja.

3. Olahraga Secara Teratur


      Ini adalah hal yang paling penting nih dalam mengatur pola hidup sehat, Olahraga dibutuhkan bagi setiap orang untuk kesehatan ataupun untuk menjaga tubuh dengan baik. Olahraga juga bisa menjadi tidak baik apabila hal yang dilakukan itu terlalu berlebihan sehingga tubuh dapat terforsir sehingga dapat mejadi lelah ataupun terlalu kejang otot dan itu bisa mengakibatkan penyakit. Dengan olahraga secara teratur ini kita bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan mendapatkan hasil yang terbaik. Olahraga secara teratur juga dapat menjaga tubuh, membentuk tubuh dengan baik dan bisa juga terhindar dari penyakit. Contohnya kita berolahraga secara teratur yaitu dengan mengatur jadwal yang kita punya misalnya kita dapat berolahraga di hari libur yaitu (sabtu dan minggu) bisa kita lakukan di pagi hari atau di sore hari tergantung kebutuhan kalian. Atau kalian bisa melakukan olahraga dengan seminggu 3 – 5 kali. Ada baiknya kita bisa melakukan olahraga itu di pagi hari setelah subuh atau 2 jam sebelum kita berangkat kerja atau berangkat ke sekolah nih dan di sore hari juga bisa kita lakukan jam 15.00. atau ada nih anak anak remaja yang mengikuti ekskul atau training olahraga-olahraga seperti sepak bola (football), berenang (swimming), taekwondo, silat, beladiri, tinju (boxing), badminton, dll. Ini juga bagus nih untuk kita menjaga pola hidup sehat dan kita juga bisa menjadi atlet atlet olahraga juga.

4. Makan Makanan yang Sehat
      Ini juga penting nih percuma dong olahraga saja tapi tidak diimbangi dengan makan makanan yang sehat sama saja dengan kepingin untuk diet tapi malah makan banyak kan tidak seimbang namanya. Makan makanan yang sehat itu apa aja sih, yang kita tau sejak kecil makan makanan yang sehat yaitu 4 sehat 5 sempurna yang berupa makanan yang mengandung banyak gizi untuk tubuh, seperti; ikan, sayur, buah-buahan, susu, daging, kacang”an dan yang lainnya, banyak sekali makan makanan sehat yang banyak kita dapatkan. dan hindari juga makan makanan yang mengandung banyak kolesterol, lemak, MSG/Micin, makanan yang dibakar karena mengandung banyak zat karsinogenik yang dapat memicu kanker. Makanan itu berupa; Sate, Mie Instan, Gorengan, dll. Boleh makan makanan seperti itu tapi jangan terlalu berlebihan apalagi terlalu sering mengkonsumsinya karena itu dapat menjadi risiko yang cukup besar untuk terjadinya penyakit Sakit jantung, Kegemukan/obesitas, dan kanker. Dan juga mengatur jadwal kita untuk dapat makan makanan yang sehat jangan asal-asalan untuk makan, minimal kita tahu apa yang harus kita hindari dan kurangi makan makanan yang tidak sehat tadi.

5. Hindari Minuman Alkohol dan Rokok


      Kadang Beer/alcohol , tuak, atau minuman anggur/wine dan rokok suka menjadi polemic bagi kita untuk dapat menggunakan tersebut secara berlebih apalagi yang sudah dalam keadaan kecanduan/adiktif dalam menggunakannya. Biasanya hal itu terjadi karena kita sering menggunakan dan sering mengkonsumsinya dan terus menerus sehingga kita tidak dapat menghindarkannya karena kita sudah menjadi peminum adiktif. Hal ini patut kita hindari tapi ada sebagian orang yang sulit untuk menghindarinya karena sudah kecanduan parah, ada baiknya kita ganti pengunaan tersebut menjadi hal yang bermanfaat atau uang yang biasanya kita belikan rokok atau minuman alcohol tersebut bisa kita simpan untuk tabungan yang cukup banyak. Cobalah untuk berdoa kepada TUHAN YANG MAHA KUASA kita memohon mencoba untuk dihindarkan dari hal hal tersebut dan yakin berusaha untuk menghindarinya dan tidak untuk mengulanginya lagi dan gantilah aktifitas tersebut dengan menonton TV, Film atau kita bisa Membaca Buku untuk menghindari dan membatasi kita dari konsumsi minuman alcohol dan Rokok.

6. Istirahat yang Cukup

      Biasanya dari kita tahu bahwa orang” sukses dan orang” yang pintar itu tidurnya kurang dari 5 jam atau hanya 4 jam saja dalam sehari setengahnya dari jam normal kita tidur yaitu 8 jam dalam sehari. Karena prosopektif kita dalam mengatur waktu jam itu dibagi menjadi 3 bagian dalam seharinya yaitu: 1. Waktu untuk bekerja. 2. Waktu untuk berekreasi/bersenang senang bisa juga digunakan untuk beribadah. 3. Waktu untuk tidur/beristirahat.
      Biasanya orang jam 9-10 sudah waktu masuk untuk tidur, kadang ada orang yang sulit untuk tidur atau mengalami insomnia nah ini penyakit cukup berbahaya juga nih karena kalau kita tidak bisa tidur sangat sulit sekali untuk kita dapat bekerja dengan baik dan sulitnya untuk berkonsentrasi dalam menjalani aktivitas apalagi yang masih bersekolah. Ada baiknya kalian bisa konsultasi dengan dokter yang dipercaya supaya bisa sembuh dan tidur dengan normal. Dan jangan tidur terlalu larut ya karena itu memperlambat metabolism tubuh walaupun kamu tidur sangat lama sampai” bangun kesiangan karena waktu tidur berkurang dan itu tidak dapat kembali dan diganti dengan waktu berikutnya.
      Atau jika kita mengalami kelelahan panjang nih kita bisa cukupkan waktu untuk tidur siang. Tidur siang juga baik lho untuk tubuh kita karena dapat mencharger atau mengembalikan kembali stamina kita, tidur siang baiknya dilakukan dari jam 12.00 – jam 15.00 dan dengan waktu hanya cukup setengah jam saja atau 30 menit jangan terlalu berlebih karena mengakibatkan kita kelelahan yang lanjut karena otak akan terlalu kelelahan karena terlalu berlebih dalam istirahat sama halnya kita mengisi baterai yang terlalu penuh hal itu bisa membuat baterai kita menjadi cepat rusak karena berlebih dalam mengisi daya.
      Dan juga janganlah/hindari tidur waktu sore hari antara jam 15.00 – jam 18.00/ menjelang waktu malam itu dapat merusak otak kita karena waktu tersebut tidak baik untuk kita melakukan aktivitas tidur tidak dalam waktu wajar.

     Bisa untuk di coba untuk teman” yang sudah membaca ini dan Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk kalian.


Thank you

Merci beaucoup

Syukron

Terima kasih


Post a Comment

0 Comments