Bagaimana Corona Virus Bisa Menyebar dengan Cepat







https://nationalgeographic.grid.id/tag/coronavirus




    CORONA VIRUS DISEASE atau bisa di sebut COVID-19 dengan nama lain 2019-nCov ini muncul pertama kali di China pada bulan desember tahun 2019. Pertama kali kemunculannya pada saat itu masih terbilang cukup ringan dan belum menjadi luas seperti saat ini. Karena pertama kali dikabarkan WHO bahkan pernah menyatakan bahwa virus itu tidak bisa di tularkan langsung dari Manusia ke manusia lainnya hanya bisa di tularkan melalui Hewan ke Manusia.

    Dan pada saat itu ketika WHO mengetahui langsung situasi tersebut mereka menarik kembali pernyataan yang mereka bilang sebelumnya, dan mengatakan kembali bahwa Virus itu bisa menginveksi dari Manusia ke Manusia lainnya. China sebagai negara pertama yang terdampak wabah ini WHO memutuskan untuk menyebutkan Virus ini menjadi Wabah daerah belum menjadi epidemi ataupun pandemic yang sekarang kita alami di seluruh dunia.

    Negara China pun mengumumkan bahwa di negara mereka sudah terdampak banyak yang terinfeksi virus ini ada puluhan ribu orang pun yang terdampak virus ini dan banyak diantaranya yang meninggal juga karena memang virus ini lumayan cukup berbahaya seperti SARS dan Virus MERS yang ada di timur tengah pada tahun 2012 sebelumnya, yang cocern menginveksi saluran pernafasan dan mengakibatkan sesak nafas.

    Setelah itu berlanjut pun negara negara lain seperti di luar China banyak dari mereka warganya ataupun turis yang masuk kenegaranya, mereka mengumumkan terinfeksinya virus tersebut di negara mereka. Seperti Korea selatan, Jepang, India Bahkan yang di luar asia seperti Perancis, USA, Italia. Bahkan Italia menjadi negara terbanyak kedua setelah China. Dan saat ini USA atau Amerika Serikat yang terbanyak terinfeksi di seluruh dunia bahkan negara asal Virus tersebut yakni china sudah menurun tingkat infeksinya.

    Virus ini perkembangannya sangat cepat sekali pada awal kemunculannya di bulan desember 2019 di china pada 2020 maret awal WHO menjadikan Virus ini menjadi Pandemi artinya Virus ini sudah menjalar ke seluruh dunia dan harus di waspadai sepenuhnya. Dalam waktu 4 bulan saja Ada kurang lebih 29 negara pada saat itu terinfeksi dan pada bulan agustus ini 2020 sudah ada kurang lebih 114 negara yang terinfeksi virus tersebut dalam kurun waktu hanya 8 bulan.

NAH YANG MENJADI PERTANYAAN BAGAIMANA SIH VIRUS CORONA ITU BISA MENYEBAR DENGAN CEPAT?

    Singkatnya Virus ini sangat menular, penularan virus ini tidak lebih dari seperti kita menulari cacar pada teman kita ataupun bahkan kita bisa menularinya lebih cepat seperti serangga yang menulari makanan dengan kotorannya kurang lebih seperti itu. Penularan Virus ini bisa melalui air liur ketika bersin, dan melalui kontak fisik.

Pada dasarnya virus ini berasal dari hewan yaitu “Kelelawar” atau BAT.

    Lalu hewan tersebut menginfeksi manusia melalui tubuhnya yang terjangkit virus tersebut entah dari sentuhan kita ke hewan tersebut atau dari kita mengkonsumsinya. Virus ini lalu Menginfeksi kita, gejalanya belum terlihat dari hari pertama masa inkubasi dari Virus ini yaitu 2 minggu setelahnya walaupun cukup lama tapi Virus ini sudah ada di tubuh kita dan bisa memunculkan gejala seperti batuk-batuk, Demam dengan suhu yang sangat tinggi sekitar 39-40o C, dan sesak napas terutama karena virus ini concern pada saluran pernapasan kita.

    Nah di sinilah Concern dari penyebaran Virus itu meluas Ya tentunya MANUSIA karena mereka makhluk sosial. Manusia yang sudah terinfeksi Virus tersebut belum mengetahui gejala yang dialami karena masa inkubasinya 2 minggu walaupun dia sebelum 2 minggu sudah merasakan gejalanya tapi pada hari 1 belum terjadi apa apa.

    Dalam singkatnya seperti ini Orang pertama (Kita bisa beri tanda “A”) terkena virus, lalu mereka berkumpul (misal mereka berkumpul dalam 3 orang) dan melakukan kontak fisik dan berdekatan karena itu “pemicu penyebarannya virus” nah setelah orang itu kumpul lalu orang-orang yang ada di kerumunan itu pergi kita beri tanda orang A, B, dan C tadi pergi secara terpisah, Orang A yang sudah terkena Virus tadi Pulang kerumah. Orang B dan C yang berpotensi bahkan sudah Tertular tadi pergi Lagi Orang B ke Bandara dan Orang C ke Mall. Orang B dan C tadi mungkin dan bisa jadi berpapasan bahkan berdekatan atau pun bahkan bisa jadi tidak sengaja bersentuhan dengan orang orang yang tidak di ketahuinya entah 1 atau bahkan banyak orang yang ada di sana dan orang yang ada di kerumunan tersebut lalu pergi kembali ke tempat tempat yang mereka tuju dan bertemu orang orang kembali dan melakukan kontak kontak fisik lainnya, terus seperti itu dan sampai si Orang A Muncul gejala Virus Corona setelah 2 minggu lamanya.

    Nah itulah yang membuat Virus itu menyebar cepat sekali, kita bahkan tidak tau orang yang kita temui itu sudah terkena virus atau tidak karena gejala yang belum sepenuhnya muncul setelah 2 minggu.

Dalam Ilustrasinya seperti ini: 



    Jadi Ilustrasinya seperti itu lah kenapa Corona Virus ini sangat menyebar begitu cepat. kita tidak tahu dan mungkin juga belum mengetahui pasti gejala besarnya karena inkubasi virusnya itu 2 minggu cukup lama sehingga kita harus juga cermat dalam menghadapi situasi dan tetap menjaga Kesehatan dengan Baik dan Benar yang di anjurkan oleh WHO dan para dokter lainnya.
 
Jangan lupa untuk Cuci tangan, Pakai masker dan Menjaga jarak tidak berkumpul

Post a Comment

0 Comments